Inilah alasan penggunaan sensor 4MP di HTC One

130220-new-htc-one-ultrapixel-sensorSalah satu keputusan kontroversial dalam pengembangan HTC One adalah penggunaan kamera 4 MP. Di saat produsen ponsel lain berlomba mengejar jumlah pixel besar, HTC justru keukeuh dengan resolusi murni 4 MP namun ditambah optik dan pixel individual yang ukurannya lebih lebar. Kenapa?

Menurut Symon Whitehorn, director of special projects HTC One — yang dahulu merupakan eksekutif di Kodak — jumlah pixel bukanlah ukuran yang harus dikejar dalam dunia digital imaging. Saat diwawancarai ComputerWorld, Whitehorn berani memastikan sensor “UltraPixel” yang terdiri dari 4 juta, 2-micron wide pixel, menghasilkan gambar lebih alami dengan noise yang minim. Menurutnya, 99% pengguna kamera sebenarnya tidak mempersoalkan ukuran megapixel yang tinggi sehingga lebih baik memberikan kualitas gambar yang sebenarnya.

Whiteborn juga menyebut sensor 4-megapixel sudah mencukupi untuk kebutuhan memotret dengan ponsel. Sebanyak 90% kebiasaan memotret yang dilakukan pengguna ponsel, ternyata resolusi gambar yang diperlukan tidaklah terlalu besar. Ukuran file hasil foto pun lebih kecil dan mudah diolah. Apabila ukuran sensor 14 megapixel maka bisa memperlambat sistem ponsel.

Keputusan penggunaan sensor 4 MP di HTC One  juga didasari pada paket aplikasi kamera yang dibikin oleh HTC. Seperti halnya keputusan untuk memilih hardware lainnya, kamera HTC One juga dibuat dengan mempertimbangkan faktor biaya dan batasan secara fisik.  Ketika sejumlah ponsel cerdas lain berlomba mengejar sensor 13-megapixel namun memiliki pixel individual kecil, kamera Ultrapixel HTC One akan membuktikan sebaliknya dan akan ditiru oleh vendor lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: