Mungkinkah HTC membuat GPU sendiri untuk smartphone?

HTC-S3Saat ini produk ponsel HTC masih mengandalkan CPU (central processor unit) atau prosesor dan GPU (graphic processor unit) atau chip grafis dari Qualcomm. Pada seri HTC One pun demikian, chipset  yang digunakan adalah Qualcomm APQ8064T Snapdragon 600 dengan CPU Quad-core 1.7 GHz Krait 300 dan GPU Adreno 320.

Semua prosesor Snapdragon sudah menyertakan GPU Adreno di dalamnya. Kekuatan GPU Adreno memungkinkan pengembang untuk membawa game 3D berkualitas konsol dan PC untuk perangkat mobile. Qualcomm Adreno menjadi solusi grafis yang memungkinkan pengguna ponsel bermain game 2D dan 3D, memutar video dan film dengan kualitas full HD.

chrome5400E_frontSampling terbaru prosesor S4  yang digunakan di HTC One memiliki fitur GPU Adreno 320 – berdasarkan pada arsitektur, kinerja benar-benar baru yang sangat tinggi diprogram dengan hingga empat kali kinerja GPU Adreno 225. Pengguna HTC One lebih nyaman untuk melakukan browsing Web HTML5, menjalankan game 3D, 3D antarmuka, dan aplikasi grafis lainnya.

Yang menjadi pertanyaan adalah kenapa HTC tidak mengembangkan perusahaan miliknya sendiri yang fokus dalam membuat kartu grafis komputer, S3 Graphics. Jika perusahaan yang dibeli oleh HTC Corporaton dari VIA Technologies pada 6 Juli 2011 dikembangkan untuk membuat GPU buat ponsel, bukan tidak mungkin akan mereduksi biaya yanng harus dikeluarkan untuk membeli teknologi CPU dari vendor lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: